Thursday, July 12, 2018

Menyikapi Pelecehan Seksual pada Anak


Pelecehan seksual pada buah hati yaitu fenomena yang makin acap kali terjadi di lingkungan kita. Sebab buah hati masih belum paham, hal tersebut bisa susah untuk diketahui oleh bapak dan ibu. Secara biasa, pelecehan seksual pada buah hati yaitu semua format kontak seksual antara orang dewasa kepada siapa bahkan yang berumur di bawah 18 tahun. Kecuali itu, pelecehan seksual pada buah hati bisa terjadi sekiranya salah satu pelakunya lebih tua atau lebih dominan. Kriteria kedua ini tanpa mengamati seberapa tua usia para pelakunya.

Ketika telah mengetahui bahwa buah hati telah menjadi korban pelecehan seksual, maka orang tua seharusnya bisa membatasi diri agar buah hati tak kian terperosok. Berikut sebagian metode menyikapi pelecehan seksual pada buah hati:

Ajak buah hati untuk berbincang-bincang
Jikalau mengamati buah hati dalam situasi tertekan, ajak buah hati untuk berbincang-bincang. Biasanya buah hati akan bercerita untuk mengamati respons orang tua kepada kejadian yang mereka natural. Ketika buah hati telah mulai bercerita, usahakan untuk tetap tenang dan dengarkanlah dengan akurat. Jangan menyalahkan atau menyela perkataan buah hati, karena hal ini bisa mencegah buah hati untuk bercerita lebih lanjut.

Berikan waktu
Tidak semua buah hati bisa menceritakan kejadian buruk ini dalam waktu yang cepat. Jikalau buah hati belum siap untuk bercerita, berikanlah buah hati waktu agar ia bisa menenangkan diri dan tunggulah hingga buah hati siap untuk bercerita.

Berikan dukungan
Dukungan bisa Anda berikan dengan memercayai semua perkataan buah hati dan yakinkan mereka bahwa apa yang terjadi bukan kesalahan mereka. Jelaskan bahwa menceritakan kejadian itu kepada Anda yaitu tindakan yang pas.

Pelecehan seksual pada buah hati yaitu tindakan yang melanggar aturan. Jikalau mencurigai buah hati Anda menjadi korban pelecehan seksual, Anda bisa minta bantuan dokter atau konselor untuk menelusuri lebih lanjut situasi buah hati. Jikalau buah hati terindikasi kuat mengalami pelecehan seksual, Anda perlu melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berkaitan, seperti kepolisian dan Komisi Perlindungan Kecil Indonesia (KPAI), untuk menerima penanganan secara aturan.

No comments:

Post a Comment

Indahnya Situ Patenggang Ciwidey, Danau di Dataran Tinggi

Ciwidey yakni salah satu wilayah kecamatan yang masih berada di Kabupaten Bandung, kecamatan yang satu ini letaknya kurang lebih berjara...